Rabu, 21 September 2011

Kisah usang pengamen jalanan

mencari rezeki di bawah naungan tiang Rastafara



  Gue emang berdarah seni. Darah seni gue emang keliatan dari jaman gue Kencing blom lurus. Bayangin aje.. Pada saat acara 17 Agustus Gue dapet juara 2 lomba nyanyi Rt sebelah. Sebenernya kata Jurinya gue ini juara pertama. Tp karena gue bukan dari Rt itu maka gue cuma mentok juara dua.

 Gue bawaain lagunya "Berakit-rakit" dari band Jambrud. Gue bawain lagu itu dengan lepas diiringi tarian kocak gue.

 Setelah lulus sd, gue masuk smp yang terkenal di kota Palembang. Smp yang terkenal dengan ke-anarkisanya dan juga para alayers-nya. Pokoknya anak-anak disana pada pede untuk Bertindak anarkis biar dikatain paling jago. Gue disana jadi murid yang diincer kakak kelas untuk digebukin. Mungkin karena gue terlalu dekat ama kakak-kakak kelas cewek disekolah Gue.

  Anak-anak disana memikat cewek dengan cara kekerasan. Tapi gue beda...!, gue memikat perhatian cewek disana dengan seni man... Seni...!. Kakak kelas gue paling betah kalo gue maen gitar, mereka akan bernyanyi dengan iringan gitar gue. Lalu diakhiri dengan kata-kata "lagi donk...! Lagi". Gue hanya melempar senyum Afgan gue dan besoknya surat cinta melayang di meja belajar gue. Mungkin itu kakak-kakak kelas yang cowok jadi iri. Dan mulai berpikir untuk ngegebukin gue. Pernah juga kakak-kakak kelas gue yang cewek berantem untuk mendapat perhatian dari gue... Bukan nya ge-er atau apa, pas mereka berhenti berantem mereka bilang ke gue untuk milih siapa diantara mereka. Gue bingung, perasaan kedua cewek itu bukan pacar gue, masa gue harus di suruh milih. Jadi gue putuskan untuk tidak memilih siapa-siapa kecuali mengeluarkan kata-kata "norak loe pade". Gue pun berjalan dengan santai dan tak menghiraukan mereka. (SMP dulu gue punya prinsip anti pacaran sama anak satu sekolah)


  Ternyata firasat gue bener, gue emang mau digebukin. Senjata gue cuma ngandalin badan besar dan sabuk Coklat Karate gue. Kakak-kakak kelas gue sekitar lima orang nyeret gue ke suatu tempat. Perasaan gue emang kaga enak. Gue langsung dipukul telak di Pipi gue sebelah Kiri. Insting hewan gue pun kalap, gue ngeliat ada kayu gelam nangkring di dekat gue.. Langsung gue ambil lalu gue incer satu anak yang paling deket ama gue.. Crashhhh.... Gantian juga , gue dapet memukul satu anak dengen telak dan tidak dapat berkutik. Anak-anak yang empat ga tinggal diem. Mereka langsung mendekati gue. Tapi karena gue ada pertahanan yang kuat mereka jadi takut untuk mendekati gue. Gue kibas-kibasin aja kayu gelamnya kesegala arah biar tuh anak-anak kaga bisa mendekati gue dan ngajak gue nge-Date dengan Pukulanya.

"kalo loe berani maju Njing, lepasin Kayu loe". Teriak salah satu anak.

  Gue kaga bisa ngomong. Gue masih Sock dan sesekali ngeliat nasib anak yang gue gebukin tadi. Mati kaga tuh? Gue masih berfikir. Tapi gue juga masih fokus ama anak-anak yang mau nyerang gue. Seperti ada malaikat yang datang...,! ternyata temen kakak gue yang cewek ngeliat gue dalam kesusahan( gue satu sekolah sama kakak gue karena nyokap kaga' percaya ama gue.) Langsung dia teriak "woii... Itu adiknya tri jangan diganggu" (tri itu kakak gue yang paling tomboy, temenya pada cowok semua. Bisa diitung kok yang cewek. Gue paling sering berantem ama tri, karena usia kami hanya terpaut dua tahun). Mereka pada mundur karena yang teriak asli jawaranya sekolah itu. Karena kejadian itu nama gue naik pamor.  Gue dikenal dari kelas satu sampe kelas tiga. Dan masih sering ketemu ama anak yang gue gebu' pakek kayu. Setiap kali ketemu matanya sinis seperti mau ngebunuh gue tapi kaga' berani karena gue adiknya tri. Gue juga akrab ama kakak-kakak kelas gue yang cowok. Sering kongkow dan sering bolos ama mereka.

  Temen sekelas gue, ndeketin gue pas gue maen gitar. terus ngajakin gue ngamen. "Haaa... Ngamen? " gue bingung karena yang ngajakin gue ngamen anaknya tajir mampus semampus-mampusnya. Bapaknya pengusaha sukses. Gue heran aja, dengan uang jajan dia yang bisa dikategorikan "wahhh" untuk anak smp. kok bisa ngajakin gue  ngamen. Dan yang pLing bikin gue kaga' ngerti orang tuanya bener-bener tajir. Dan kalo maen kerumahnya gue kayak bisa ngaca di keramik marmernya. Tp pas gue nanya ke dia alasanya cuma kepingin dan iseng.
 

  Oke dah gue kaga berpikir panjang. Gue pun akhirnya ngamen ama temengue.  Gue ngamen di lampu merah charitas. Setiap mobil pas lampu merah langsung gue dan temen gue berdendang, kami di bayar mulai seratus rupiah sampe seribu untuk satu mobil, tapi ada juga mobil yang kaga ngasih. Gue dan temen gue kaga marah kalo kaga ngasih,  karena tujuan kami cuma untuk hobby dan bukan ajang cari duit. Gara-gara ngamen ada sisi positip dan negatipnya. Sisi positipnya gue kaga pernah minta duit ke ortu(karena hasil ngamennya temen gue kaga' mau ambil(yah wajarlah, uang jajanya malah rajin gue yg pegang. Dan sisi negatipnya gue pulang larut dan banyak berbohong demi kaga' ketauan ngamen oleh ortu. Tetangga gue juga sering ngeliat gue ngamen, tp gue kaga malu dengan itu, karena emang gue anggep pekerjaan mulia. Pekerjaan menghibur hati galau yang terluka, membuat orang tersenyum, membuat orang menghargai musik dan seni dan yang paling utama gue harus bisa cari duit sendiri dan ngerasain kerasnya usaha yang diperlukan untuk cari duit. Pernah juga gue ditawari lelaki homo untuk naik ke mobil dia.. Tapi gue tolak. Gue jijik ama ekspresi dia yang seperti orang psyhco udah ngabisin korbanya.. Langsung gue teriak... "kampret loe pak, udah tua sadar donk". Si bapak homo pun langsung pergi menekan gasnya.

  Kehidupan jalanan emang keras, ada-ada aja preman yang jahil yang suka malak. Oke sih sekali-sekali kaga' kenapa kan juga mintaknya baik-baik,  kaga masalah bagi gue(yang malak biasanya pengemis jalanan yang suka banget nyelipin kaki kirinya ke celana jeansnya, kamuflasenya menjadi orang cacat berjalan sempurna) Tp ternyata lama kelamaan sepertinya tambah kurang ajar. Partner gue di tabok gara-gAra kaga kasih uang yang  dia pinta. Darah seni gue pun mendidih dan langsung gitar gue yang bicara. Gitar gue  mendarat mulus dijidat si preman. Si preman pun terkapar karena terkena serangan gue. Gue itu simple, gue kaga bakal ganggu orang kalo gue kaga diganggu. Emang bener si preman kaga ngganggu gue, tapi dia udah salah, bertindak semena-mena dideket gue. Mungkin hanya gitar yang mampu menasehati dia waktu malam itu. Gue dan temen gue langsung kabur takut terkena amukan gank pengemis. Gue dan temen gue berhasil kabur dengan jasa supir pickup gratisan.

  Besoknya gue dan temen gue kaga bisa ngamen. Gitar gue hancur berantaakan akibat kerasnya kepala si preman. Mungkin karena serangan gue akan mengakibatkan sedikit sensasi lembut di kepala preman .dan ibunya preman bersyukur anaknya tidak keras kepala lagi setelah gue didik dengan benar.

  Parnert gue ngamen pun pindah sekolah keluar kota karena usaha bapaknya lebih maju di bandung sana. Gue pun merasa kehilangan gairah ngamen. bener-bener kehilangan sampe kebawa perasaan sedih. Gue sering keinget kalo gue dan dia sering makan bareng nasi kucing hadiah orang yang punya nazar. Tapi gue lost contact ama dia udah lama dari waktu dia kebandung dan sampe sekarang. Kalo loe baca postingan ini. Cepet komen dibawahnya yak.. Reunian lagi ke lampu merah. Kita buat sekolah untuk pengemis jalanan seperti rencana kita dulu.

ini hanya sepenggal cerita usang yang bakal gue bawa kemanapun. dan sampai sekarang kalo gue liat tiang rastafara, gue masih kangen sama keadaan jalanan. jangan pernah malu untuk berkarya, walopun karya kita dianggap seonggok sampah oleh sebagian orang. maju terus seniman. hidup loe belum tentu mewah tapi pasti bahagia : )


2 komentar:

  1. Bayu: 085799366661, Cari Teman yang umurnya cowox SD Klz 6& SMP Klz 1-2(11 – 14 thn)SMP SeIndonesia Selama 24 Jam Nonstop(Jakarta, Karamat Jati, Jatinegara, Bekasi(Utara,Selatan,Barat),Tambung Utara, Cibitung, Cengkareng, Tangerang Selatan, Tangerang, Depok,Cikarang(Barat,Selatan),Serang/Banteng, Bandung, Tegal,Purworejo, Purwokarta,Wonogiri,Banjarnegara,Semarang(Utara,Barat,Selatan,Timur),Genuk,Gerobangan,Batam,Pekalongan,Pemalang,Jepara,Pati,Rembang,Blora,Karanganyar,Surakarta,Magelang,Srangen,Klaten,Kudus,Jepara, Salatiga,Wonosobo,Magetan,Surabaya,Malang,Pacitan,Jember,Tulungagung,Sidoarjo,Probolinggo,Pasuruan,Batu,Lumajang,Banyuwangi,Bakalangan,Sumenep,Madura,Situbondo,Bondowoso,Sampang,Mataram,Sumbawa Besar,Dili,Batam,Aceh,Palembang,Medan,Bengkulu,Jambi,Lampung,Bangka Belitung,Kepalau Riau,Pekanbaru,Banjarmasin,Pontianak,Palangkarya,Makassar,Palu,Bau2,Maluku,Ambon,Maluku Utara/Ternate,Sorong,Papua Barat, Papua Timur,Jaya Pura,Timika,Manokawi,Jogjakarta(Sleman,Bantul,Kulon Progo, Kokap,Gunung Kidul, Pakem,Turi,Wates,Nanggulan,Godean,Mlati,Jombor,Tempel),Surumbung,Sawangan,Kaliangrik,dll

    BalasHapus
  2. Nice bag you can earn money from that
    Thanks for your posting
    Visit me @

    Obat Penggugur kandungan, Obat Aborsi,

    Jual Obat Aborsi,

    BalasHapus